rajawali

(Video) Pembangunan Rel Kereta Jalur Ganda (Double Track) Era Kepemimpinan SBY

RAJAWALIONLINE.ID – Era rel kereta api dengan sistem jalur tunggal (single track) sudah berakhir. Pada tahun 2014, pembuatan jalur ganda (double track) rel kereta api lintas utara Jawa telah rampung.

Penyelesaian double track rel kereta api merupakan sebuah perkembangan pesat sejak infrastruktur kereta api dibangun oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda pada 150 tahun yang lalu.

Pembangunan tersebut dimulai sejak awal masa kepemimpinan mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Puncaknya, double track sepanjang 436 KM pada jalur kereta api lintas utara jawa rampung selama tahun 2013-2014.

Pembangunan jalur tersebut memiliki total investasi sebesar 9,8 Triliun Rupiah dan pada masa pembangunannya, proyek double track rel kereta api jalur utara jawa itu melibatkan 6,3 Juta orang pekerja lokal yang merupakan sumber daya manusia asal indonesia. Dengan kata lain, proyek tersebut 100% adalah karya anak bangsa.

Dampak dari pembangunan proyek tersebut sangat jelas. Dapat dilihat dari frekuensi perjalanan kereta api di Jawa yang meningkat hingga 50%. Selain itu, masyarakat yang melakukan perjalanan dengan kereta api menjadi lebih cepat, lebih berkualitas, dan tentunya lebih ekonomis

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *